ISIS Bebaskan Puluhan Napi dari Penjara Mosul

Minggu, 12 Maret 2017 - 15:51 WIB
ISIS Bebaskan Puluhan Napi dari Penjara Mosul
ISIS Bebaskan Puluhan Napi dari Penjara Mosul
A A A
BAGHDAD - ISIS membebaskan puluhan tahanan yang ditahan di penjara-penjara di distrik kota Mosul yang mereka kuasai. Pelepasan para tahanan ini merupakan tanda jika ISIS tengah kewalahan menghadapi serangan pasukan Iran yang didukung oleh Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari Reuters, Minggu (12/3/2017), menurut warga sekitar diantara mereka yang dibebaskan adalah mereka yang tertangkap menjual rokok, melanggar larangan merokok, atau memiliki ponsel dan dicurigai berkomunikasi dengan dunia luar.

Salah satu pria yang dibebaskan mengatakan dua militan menyuruhnya keluar dari ruang bawah tanah di mana ia ditahan dengan orang lain. Matanya ditutup oleh kelompok ISIS dan menyuruhnya turun dari bus.

"Setelah berkendara cukup jauh, kami berhenti dan mereka mengatakan kepada kami untuk membuka penutup mata dan kemudian mengatakan 'pergi', Anda bebas," katanya melalui telepon sembari menambahkan ada sekitar 25 tahanan di dalam bus tersebut.

Pria, yang meminta identitasnya dirahasiakan, mengaku telah menghabiskan waktu selama dua minggu di penjara. Ia di penjara karena menjual rokok.

Sementara salah satu warga Mosul mengatakan adiknya tiba-tiba muncul kembali di rumah pada Jumat kemarin. Adiknya menghabiskan waktu satu bulan di penjara karena memiliki ponsel.

ISIS telah kehilangan sebagian besar wilayah Mosuk yang dikuasainya pada tahun 2014 dan 2015. Di Mosul kelompok ekstrimis ini memproklamirkan berdirinya kekhalifahan yang membentang dari Suriah dan Irak pada tahun 2014.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1352 seconds (0.1#10.140)