Malaysia Ancam Keluarkan Surat Penangkapan untuk Diplomat Korut

Sabtu, 25 Februari 2017 - 14:41 WIB
Malaysia Ancam Keluarkan...
Malaysia Ancam Keluarkan Surat Penangkapan untuk Diplomat Korut
A A A
KUALA LUMPUR - Malaysia akan mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi seorang diplomat Korea Utara (Korut) untuk diperiksa atas pembunuhan Kim Jong-nam. Surat penangkapan itu akan dikeluarkan jika diplomat Korut tersebut tidak secara sukerala bekerja sama dengan polisi.

Awal pekan ini Malaysia mengatakan Hyon Kwang-song, sekretaris kedua di Kedubes Korut di Kuala Lumpur, dicari untuk diperiksa atas kematian saudara tiri pemimpin Korut Kim Jong-un itu.

"Waktu yang proporsional akan diberikan kepada diplomat itu untuk datang sebelum polisi mengambil tindakan lebih lanjut," kata kepala polisi untuk negara bagian Selangor, Abdul Samah Mat, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (25/2/2017).

Samah mengatakan jika yang bersangkutan tidak bekerja sama, polisi akan mengeluarkan pemberitahuan berdasarkan hukum Malaysia, "memaksa" mereka untuk hadir di hadapan tim investigasi.

"Dan jika ia gagal muncul setelah diberikan pemberitahuan ini, maka kita akan pergi ke langkah berikutnya dengan mendapatkan surat perintah penangkapan dari pengadilan," jelasnya kepada wartawan.

Tidak diketahui apakah pejabat kedutaan tersebut dapat ditahan sejak polisi mengumumkan hal itu mengingat ia memiliki kekebalan diplomatik.

Setidaknya delapan warga Korut dicari sehubungan dengan kasus tewasnya Kim Jong-nam, termasuk seorang diplomat. Satu orang telah ditahan oleh polisi Malaysia, empat diyakini telah melarikan diri ke Korea Utara, sementara dua masih di Malaysia.

"Polisi mencoba untuk menemukan delapan tersangka, selain tersangka warga Korut lainnya Ri Ji-u, yang keberadaanya tidak diketahui," pungkas Samah.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7994 seconds (0.1#10.140)