Duterte Sebut China Salah Paham Soal Komentar Terkait LCS

Jum'at, 24 Februari 2017 - 17:11 WIB
Duterte Sebut China Salah Paham Soal Komentar Terkait LCS
Duterte Sebut China Salah Paham Soal Komentar Terkait LCS
A A A
MANILA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan ia tidak yakin mengapa menteri perdagangan China membatalkan perjalanan ke negaranya. Duterte menyebut Beijing salah paham soal komentar menteri luar negeri Filipina tentang militerisasi di Laut China Selatan (LCS).

"Saya ingin meyakinkan China, dan ini adalah komitmen saya untuk melakukannya ketika Saya ada di sana, bahwa kita akan berbicara sebagai teman," katanya mengacu pada perjalanannya ke China pada tahun lalu seperti dikutip dari Reuters, Jumat (24/2/2017).

Ia juga mengatakan bahwa negaranya, meskipun lama beraliansi dengan Amerika Serikat (AS), tidak berkewajiban untuk mengikuti kebijakan luar negeri Washington.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Filipina Perfecto Yasay mengatakan, kawasan Asia Tenggara memiliki "keprihatinan serius" tentang instalasi senjata Cina di pulau-pulau buatan di Laut Cina Selatan.

"Para anggota ASEAN telah menyepakati sikap kekhawatiran mereka terhadap apa yang mereka lihat sebagai militerisasi wilayah," kata Yasay.

Filipina adalah pemimpin ASEAN pada tahun ini dan akan menjadi tuan rumah pertemuan tahunan. Pertemuan ini akan dihadiri oleh sejumlah negara luar ASEAN, termasuk China dan AS.

Baca Juga: China Instalasi Sistem Senjata di LCS, ASEAN Resah
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4802 seconds (0.1#10.140)