China Instalasi Sistem Senjata di LCS, ASEAN Resah

Selasa, 21 Februari 2017 - 16:55 WIB
China Instalasi Sistem Senjata di LCS, ASEAN Resah
China Instalasi Sistem Senjata di LCS, ASEAN Resah
A A A
BORACAY - Negara-negara Asia Tenggara melihat instalasi sistem senjata China di Laut China Selatan (LCS) sangat mengganggu. ASEAN pun menolak militerisasi di LCS dan mendesak dilakukannya dialog untuk menghentikan perkembangan terbaru yang bisa memicu eskalasi.

"Menteri Luar Negeri dari 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dengan suara bulat menyatakan keprihatinan mereka tentang reklamasi dan militerisasi pulau buatan manusia Beijing," kata Menteri Luar Negeri Filipina Perfecto Yasay seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (21/2/2017).

Yasay tidak secara spesifik menyebut perkembangan yang memicu kekhawatiran, namun mengatakan ASEAN berharap agar China dan Amerika Serikat akan menjamin dan stabilitas.

"Para anggota ASEAN telah menyepakati sikap kekhwatarian mereka terhadap apa yang mereka libat sebagai militerisasi wilayah," kata Yasay.

"Mereka telah memperhatikan, situasi yang mengkhawatirkan ini, China telah menginstal sistem senjata di fasilitas yang mereka akui, dan ASEAN telah menyatakan keprihatinan yang sangat kuat," tambah Yasay.

Filipina adalah pemimpin ASEAN pada tahun ini dan akan menjadi tuan rumah pertemuan tahunan. Pertemuan ini akan dihadiri oleh sejumlah negara luar ASEAN, termasuk China dan AS.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3471 seconds (0.1#10.140)