Pejabat Kedubes Korut Jadi Tersangka Pembunuhan Kim Jong-nam

Rabu, 22 Februari 2017 - 11:19 WIB
Pejabat Kedubes Korut...
Pejabat Kedubes Korut Jadi Tersangka Pembunuhan Kim Jong-nam
A A A
KUALA LUMPUR - Polisi Malaysia mengidentifikasi seorang pejabat senior di Kedutaan Besar (Kedubes) Korea Utara (Korut) sebagai tersangka dalam pembunuhan Kim Jong-nam. Sementara seorang tersangka lainnya mempunyai hubungan dengan markapai milik Korut.

Kepala Polisi Malaysia, Khalid Abu Bakar mengatakan kedua tersangka masih di Malaysia dan telah dipanggil untuk diperiksa. Ia mengatakan diplomat Korut tersebut menjabat sekretaris kedua di Kedubes Korut.

"Dia sekretaris kedua kedutaan. Mereka tidak ditahan, namun mereka telah dipanggil untuk dimintai bantuan," kata Khalid kepada wartawan dalam sebuah konferensi pers.

"Tersangka lainnya adalah staf dengan Air Koryo," katanya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (22/2/2017).

Khalid mengatakan polisi percaya jika empat tersangka lainnya yang melarikan diri dari Malaysia pada hari penyerangan itu terjadi, pergi ke ibukota Korut Pyongyang.

Pekan lalu, polisi Malaysia menahan seorang pria Korut dan dua perempuan dari Vietnam dan Indonesia. Khalid mengatakan kedua wanita mengusapkan cairan, mengandung zat beracun yang belum teridentifikasi, wajah Kim Jong Nam.

"Ya, dua tersangka perempuan tahu bahwa cairan yang mereka gunakan beracun. Kami tidak tahu apa jenis bahan kimia yang digunakan. Mereka menggunakan tangan kosong," katanya sembari menambahkan mereka diperintahkan untuk mencuci tangan mereka setelah itu.

Khalid mengatakan, polisi akan memperpanjang masa penahanan tersangka di tahanan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1029 seconds (0.1#10.140)