Pemimpin Militer AS-Rusia Bertemu di Azerbaijan

Rabu, 15 Februari 2017 - 23:06 WIB
Pemimpin Militer AS-Rusia Bertemu di Azerbaijan
Pemimpin Militer AS-Rusia Bertemu di Azerbaijan
A A A
WASHINGTON - Jenderal Korps Marinir Amerika Serikat (AS) dan Kepala Staf Gabungan Joseph Dunford akan bertemu dengan Kepala Staf Tentara Rusia Jenderal Valery Gerasimov di Azerbaijan. Demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh Kantor Kepala Staf Gabungan AS.

"Para pemimpin militer akan membahas berbagai masalah termasuk hubungan militer negara AS-Rusia dan pentingnya konsistensi dan komunikasi yang jelas militer dengan militer guna mencegah salah perhitungan dan potensi krisis," bunyi pernyataan Kantor Kepala Staf Gabungan seperti dikutip dari Reuters, Rabu (15/2/2017).

Hubungan militer AS-Rusia tidak begitu baik. Pada 2014 militer Rusia dituding telah melanggar perjanjian 1987 dengan uji coba rudal jelajah, sebuah tuduhan paling serius dari pelanggaran pengendalian senjata. Setahun kemudian, sebuah kapal mata-mata Rusia yang dikenal sebagai Yanter terlihat di dekat pantai Florida. Kapal itu dituduh menyadap peta kabel komunikasi AS.

Terbaru Kapal mata-mata Rusia Viktor Leonov SSV-175 Vishnya-class terdeteksi beroperasi dekat wilayah Amerika Serikat (AS), tepatnya area yang berjarak 70 mil dari lepas pantai Delaware. Ini adalah aksi pertama militer Rusia di dekat wilayah AS sejak Donald Trump menjabat presiden bulan lalu.

Pemerintahan AS yang baru di bahwa Presiden Trump tengah berupaya berhubungan baik dengan Presiden Rusia Vladimir Putin setelah hubungan kedua negara rusak saat AS dipimpin Presiden Barack Obama.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7236 seconds (0.1#10.140)