Iran Sebut Negara Stabil dan Sahabat Lama Indonesia

Kamis, 09 Februari 2017 - 23:46 WIB
Iran Sebut Negara Stabil dan Sahabat Lama Indonesia
Iran Sebut Negara Stabil dan Sahabat Lama Indonesia
A A A
JAKARTA - Duta Besar (Dubes) Iran untuk Indonesia Valiollah Mohammadi menyatakan Iran sebagai salah satu negara paling aman dan stabil di kawasan Timur Tengah. Dia juga memuji Indonesia yang dia sebut sebagai sahabat lama.

Menjadi salah satu negara paling stabil diklaim Iran sebagai salah satu prestasi luar biasa yang dicapai Iran.

"Di bidang politik, sosial, budaya, dan keamanan, Iran dapat membangun keamanan yang paling stabil dan tidak terganggu di wilayah yang penuh dengan masalah politik dan keamanan," ucap Mohammadi saat menyampaikan sambutan pada perayaan 38 tahun Revolusi Iran di Jakarta, pada Kamis (9/2/2017).

"Ini juga berlaku dalam masalah politik, pembicaraan yang sukses dengan negara kekuatan dunia dan mencapai Rencana Aksi Komprehensif (JCPOA) dapat dihitung sebagai kehadiran politik yang sukses di Iran yang dapat mengakhiri kompleksitas yang paling mengakar pada politik internasional," katanya.

Dubes Mohammadi melanjutkan, Iran sangat memperhatikan pengembangan dan peningkatan kerjasama dengan negara-negara-negara kawasan dan dunia Islam, terutama dengan negara-negara tetangga.

Sedangkan hubungan Iran dengan Indonesia, kata dia, mengalami peningkatan usai tercapainya kesepakatan nuklir. Menurutnya, Indonesia sebagai salah satu sahabat lama Iran, dengan potensi kerjasama yang tinggi.

"Perjalanan sejarah kedua negara penuh dengan persaudaraan dan interaksi positif. Pada beberapa tahun terakhir dan terutama setelah adanya kesepakatan nuklir, interaksi antara kedua negara telah berlanjut secara menyeluruh," katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5625 seconds (0.1#10.140)