Tuntut Berjemur Setengah Telanjang, Para Wanita Argentina Demo Topless

Kamis, 09 Februari 2017 - 03:02 WIB
Tuntut Berjemur Setengah Telanjang, Para Wanita Argentina Demo Topless
Tuntut Berjemur Setengah Telanjang, Para Wanita Argentina Demo Topless
A A A
BUENOS AIRES - Ratusan wanita Argentina turun ke jalan di Buenos Aires, pada hari Selasa waktu setempat. Mereka menggelar demo topless (telanjang dada) untuk menuntut hak berjemur setengah telanjang di pantai.

Ratusan wanita di Ibu Kota Argentina itu menginginkan hak yang sama dengan kaum lelaki. Demonstrasi diadakan setelah para polisi meminta beberapa wanita yang berjemur setengah telanjang di pantai untuk menutupi tubuh mereka.

Tindakan polisi itu terjadi pada bulan Januari lalu dan memicu protes di berbagai wilayah, terutama di Buenos Aires.

Polisi membela tindakan mereka dengan menyatakan aksi kaum perempuan yang berjemur topless di pantai sebagai “tindakan cabul”. Para polisi menggunakan pasal pidana untuk membenarkan tindakan mereka dan meminta para wanita yang topless untuk meninggalkan pantai.

Hukum di Argentina tidak jelas apakah melarang atau membolehkan kaum perempuan berjemur topless di pantai. Namun, hakim pengadilan baru-baru ini memutuskan bahwa kaum perempuan dibolehkan berjemur topless di pantai.

Dalam aksinya, para wanita di Buenos Aires mengecat tubuh mereka dengan berbagai tulisan. ”Di banyak tempat, ketika seorang wanita melaporkan kekerasan gender, mereka tidak mendengarkan, tetapi ketika seorang wanita menunjukkan payudaranya mereka mengirim begitu banyak polisi,” kata salah satu pengunjuk rasa, Grace Prounesti Piquet, 33, seperti dikutip Reuters, Kamis (9/2/2017).

Dia mengecat tubuhnya dengan berbagai tulisan. Di antaranya; “Payudara bukan kejahatan” yang tertulis di punggungnya. Serta kata; “Memalukan” di bagian tubuh yang lain.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7641 seconds (0.1#10.140)
pixels