Jerman Tolak Berbagi Data Intelijen dengan Turki

Jum'at, 03 Februari 2017 - 04:24 WIB
Jerman Tolak Berbagi Data Intelijen dengan Turki
Jerman Tolak Berbagi Data Intelijen dengan Turki
A A A
BERLIN - Kementerian Pertahanan Jerman telah mengumumkan bahwa mereka akan menolak untuk berbagi data intelijen yang baru dikumpulkan dengan Turki. Jerman takut Ankara akan menggunakan informasi tersebut dalam kampanye militer terhadap suku Kurdi.

Seperti dikutip dari Sputniknews, Jumat (3/2/2017), jet militer Jerman berhasil mengumpul foto pengintaian sebagai sebagai bagian dari koalisi memerangi ISIS. Jet milik Jerman tersebut terbang dari pangkalan udara Incirlik Turki. Meski Turki adalah bagian dari koalisi internasional, namun Jerman menolak untuk memberikan akses gambar tanpa penyaringan kepada Ankara.

Militer Jerman mempunyai protokol yang ketat sesuai dengan penanganan intelijen untuk memastikan foto-foto tersebut hanya semata-mata diberikan untuk koalisi anti ISIS dan bukan untuk tujuan lain.

Media Jerman Spigel Online melaporkan bahwa militer Turki telah mengancam diplomat Jerman. Ankara tidak akan menyetujui perbaikan di Incirlik sampai mereka diberi akses penuh ke gambar definisi tinggi.

Jerman sendiri tengah mempertimbangkan untuk memindahkan jet-jet pengintainya dari pangkalan militer Turki Incirlik sejak akhir tahun lalu. Berli melihat hubungan dengan Ankara tumbuh dengan tidak sehat.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6430 seconds (0.1#10.140)