Situasi Keamanan Memburuk, Austria dan Jerman Tunda Operasi Penyelamatan di Turki

Minggu, 12 Februari 2023 - 18:20 WIB
loading...
Situasi Keamanan Memburuk, Austria dan Jerman Tunda Operasi Penyelamatan di Turki
Situasi Keamanan Memburuk, Austria dan Jerman Tunda Operasi Penyelamatan di Turki. FOTO/Reuters
A A A
ANKARA - Tentara Austria dan pekerja penyelamat Jerman pada Sabtu (11/2/2023) menangguhkan operasi pencarian korban gempa di Turki . Keputusan ini diambil karena situasi keamanan yang memburuk, kata perwakilan mereka.

Seorang juru bicara tentara Austria mengatakan, bahwa telah terjadi "bentrokan antar kelompok". Ia tidak memberikan perincian lebih lanjut tentang peristiwa bentrokan itu.



Dia mengatakan kepada AFP, bahwa 82 tentara dari Unit Penanggulangan Bencana Pasukan Austria berlindung di provinsi Hatay selatan, di sebuah base camp dengan organisasi internasional lainnya. Kini, unit tersebut tengah menunggu instruksi.

Mereka tiba di Hatay pada Selasa (7/2/2023), dengan 45 ton peralatan dan berhasil menyelamatkan sembilan orang dari puing-puing. “Tim akan kembali ke Austria pada hari Kamis, tetapi ini sedang ditinjau,” katanya.

Keputusan serupa untuk menghentikan operasi penyelamatan diambil di Jerman oleh Badan Federal untuk Bantuan Teknis (TSW) dan sebuah LSM yang mengkhususkan diri dalam membantu korban bencana alam, ISAR Jerman, menurut juru bicara LSM.

“Dalam beberapa jam terakhir, situasi keamanan di provinsi Hatay tampaknya telah berubah,” kata juru bicara ISAR, Stefan Heine. “Semakin banyak laporan bentrokan antara faksi yang berbeda, tembakan juga telah dilepaskan,” lanjutnya.



Sebagai hasilnya, tim Jerman "tetap berada di base camp bersama untuk saat ini" dan akan melanjutkan pencarian mereka ketika otoritas perlindungan sipil Turki "percaya bahwa itu cukup aman".

Sementara itu, pemerintah Jerman memutuskan akan memberikan visa tiga bulan kepada korban gempa Turki dan Suriah dengan keluarga di negara itu. "Ini bantuan darurat," kata Menteri Dalam Negeri Jerman Nancy Faeser kepada surat kabar harian Bild.

“Kami ingin mengizinkan keluarga Turki atau Suriah di Jerman membawa kerabat dekat mereka dari daerah bencana ke rumah mereka tanpa birokrasi,” lanjutnya. Faeser juga mengatakan bahwa mereka yang memenuhi syarat dapat memiliki visa reguler, dikeluarkan dengan cepat dan berlaku selama tiga bulan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1053 seconds (0.1#10.140)