Palestina Bantah Dapat Jaminan Kedubes AS Tidak Dipindah

Kamis, 26 Januari 2017 - 21:32 WIB
Palestina Bantah Dapat Jaminan Kedubes AS Tidak Dipindah
Palestina Bantah Dapat Jaminan Kedubes AS Tidak Dipindah
A A A
YERUSALEM - Otoritas Palestina membantah telah menerima jaminan jika pemindahan Kedubes Amerika Serikat (AS) dari Tel Aviv ke Yerusalem tidak akan dilakukan secara sepihak. Bantahan itu diungkapkan penasehat Presiden Palestina Mahmoud Abbas urusan strategis.

"Sampai saat ini, pihak Palestina tidak menerima apa-apa dari pemerintah Trump mengenai pemindahan kedutaan selain pernyataan AS," kata Hossam Zumlot seperti dikutip dari Middle East Monitor, Kamis (26/1/2017).

"Satu-satunya hal kepemimpinan Palestina tahu adalah melalui juru bicara Gedung Putih Sean Spicer yang mengatakan kepada media setempat pada hari Minggu bahwa pemerintah AS berada di tahap awal membahas pemindahaan kedutaannya," tambahnya.

Zumlot mengatakan kepemimpinan Palestina sedang menunggu pemerintah AS untuk mendengar posisi penuh mereka pada proses perdamaian di Timur Tengah. "Kami siap untuk berurusan dengan mereka dalam rangka untuk mencapai solusi sesuai dengan hukum internasional," katanya.

"Israel telah menggunakan perhatian dunia internasional degan isu pemindahaan kedutaan AS ke Yerusalem dan terus membangun pemukiman di Yerusalem dan Tepi Barat," imbuhnya.

Pernyataan Zumlot datang setelah media Arab sebelumnya melaporkan para pejabat Palestina mengatakan pemimpin Palestina telah menerima jaminan dari pemerintah AS tidak akan memindahkan kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Selama kampanye pemilu, Presiden AS Donald Trump berjanji untuk memindahkan misi diplomatik AS dari Tel Aviv ke Yerusalem. Pemindahan ini berarti pengakuan Yerusalem sebagai ibukota negara Israel oleh AS, sesuatu yang ditolak oleh PBB dan negara-negara besar dunia.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7671 seconds (0.1#10.140)