Menlu Retno: AS Apresiasi RI Soal Rohingnya

Rabu, 25 Januari 2017 - 19:33 WIB
Menlu Retno: AS Apresiasi RI Soal Rohingnya
Menlu Retno: AS Apresiasi RI Soal Rohingnya
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menyatakan, pemerintah Amerika Serikat (AS) mengapresiasi langkah-langkah yang diambil Indonesia dalam membantu masalah Rohingnya di Myanmar. Apresiasi itu disampaikan AS melalui Duta Besar mereka di Jakarta, Joseph R Donovan Jr.

"Dubes AS apresiasi sangat tinggi terhadap kepemimpinan Indonesia di kawasan. AS juga memiliki kepentingan untuk menjalin hubungan baik dengan Indonesia apalagi termasuk dengan ASEAN," kata Retno pasca melakukan pertemuan dengan Donovan pada Rabu (25/1/2017).

"AS juga mengikuti secara dekat mengenai peran yang kita mainkan untuk membantu selesaikan masalah di Rakhine. AS memonitor leadership Indonesia, pendekatan konstruktif Indonesia yang kita lakukan dalam rangka membantu menyelesaikan masalah negara bagian Rakhine," sambungnya.

Sementara itu terkait apa saja hal yang dibahas dalam pertemuan dengan Donovan, Retno menuturkan Dubes AS menegaskan komitmen Washington dalam melanjutkan hubungan dan kerjasama dengan Indonesia.

"Memang saat ini jika ditanya tentang kebijakan, yang pasti semua masih belum tahu karena masih transisi. Kita akan lihat kebijakan-kebijakan seperti apa. Tapi hubungan bilateral itu sendiri, menurut Donovan, tidak berubah yaitu adanya komitmen pemerintah AS untuk melanjutkan dan meningkatkan kerjasama strategis dengan Indonesis," tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5778 seconds (0.1#10.140)