Norwegia Puji Sikap Masyarakat Indonesia Atasi Aksi Terorisme

Minggu, 22 Januari 2017 - 00:26 WIB
Norwegia Puji Sikap Masyarakat Indonesia Atasi Aksi Terorisme
Norwegia Puji Sikap Masyarakat Indonesia Atasi Aksi Terorisme
A A A
JAKARTA - Norwergia melemparkan pujian terhadap sikap masyarakat Indonesia, khususnya pemuda Indonesia dalam menanggapi aksi terorisme. Pujian ini merujuk pada sikap masyarakat Indonesia dalam menanggapi teror Thamrin yang terjadi pada awal tahun 2016 lalu.

"Hampir tepat satu tahun yang lalu, Jakarta terkena serangan teror besar. Dalam beberapa menit berita tersebar ke seluruh dunia, mengingatkan orang di Paris, di Istanbul, di Brussels, di Norwegia dan seluruh dunia kalau terorisme dan ekstrimisme adalah tantangan keamanan terbesar saat ini," kata Menteri Muda Urusan Luar Negeri Norwefia, Laila Bokhari.

"Tapi, respon segera dan sangat baik dari pemuda Indonesia terhadap serangan itu langsung menjadi viral: Kami tidak takut! Sikap klasik Indonesia mengenai hal-hal kecil yang membuat hidup yang baik di negeri ini, pesan di media sosial jelas: Kami tidak akan diatur oleh mereka yang memiliki kebencian. Indonesia adalah sesuatu yang lain. Sesuatu yang positif dan inklusif," sambungnya, pada Kamis (19/1).

Dia menyebut, hak ini membangun ingatan saat Norwegia diterjang aksi terorisme pada 2011. Saat itu, lanjut Bokhari, masyarakat menanggapi memberikan respon kuat untuk melawan retorika yang dianut teroris.

"Saya pikir ini harus menjadi titik, di mana kedua negara telah menunjukkan kita siap dalam tugas ini, tugas untuk memerangi terorisme dan radikalisasi global. Ini dimulai dengan nilai-nilai kita sendiri dan peduli untuk keluarga, teman-teman dan masyarakat, tetapi juga bagi mereka yang berbeda; memiliki perbedaan pendapat dan cara hidup yang berbeda," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5743 seconds (0.1#10.140)