Putra Presiden Terpilih Gambia Tewas Diserang Anjing

Selasa, 17 Januari 2017 - 03:27 WIB
Putra Presiden Terpilih Gambia Tewas Diserang Anjing
Putra Presiden Terpilih Gambia Tewas Diserang Anjing
A A A
BANJUL - Putra Presiden terpilih Gambia Adama Barrow yang berusia delapan tahun tewas setelah diserang seekor anjing di Kota Manjai. Korban meninggal ketika dilarikan ke rumah sakit di Ibu Kota Banjul.

Putra Barrow, Habibu Barrow, meninggal pada hari Minggu lalu. Korban dimakamkan tanpa dihadiri sang ayah karena masih berada di pengasingan di Senegal.

Barrow berada di pengasingan setelah konflik politik pecah di Gambia. Konflik terjadi setelah kandidat petahana, yakni Presiden Yahya Jammeh yang sudah berkuasa 22 tahun menolak mengakui kekalahannya dalam pemilu dan menyerukan pemilu ulang.

Jammeh yang pada tahun lalu mengubah Gambia dari negara sekuler menjadi negara Islam dengan nama Republik Islam Gambia menolak lengser. Jammeh menuduh kubu Barrow melakukan kecurangan dalam pemilu.

Sikap Jammeh yang menolak mengaku kekalahannya itu menuai kecaman dari Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Afrika Barat. Sejumlah negara di Afrika Barat khawatir akan terjadi perang saudara yang dipicu penolakan Jammeh untuk lengser.

Organisasi regional negara-negara Afrika Barat telah meminta Barrow untuk tetap di Senegal. Dalam waktu yang bersamaan, negara-negara Afrika Barat mempertimbangkan untuk melakukan intervensi militer guna memaksa Jammeh lengser.

Barrow, yang pernah bekerja sebagai anggota staf keamanan Argos selama belajar di London, Inggris, seharusnya dilantik sebagai Presiden baru Gambia pada 19 Januari 2017. Namun, di tengah perebutan kekuasaan saat ini, pelantikan Barrow belum bisa dipastikan.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan IBTimes UK, yang dilansir Selasa (17/1/2017), Barrow menegaskan kembali haknya untuk menjadi presiden setelah memenangkan pemilu Gambia. Dia berharap bisa mengakhiri krisis politik di Gambia melalui saluran diplomatik.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4988 seconds (0.1#10.140)