Abbas Peringatkan Trump Tak Pindahkan Kedubes AS ke Yerusalem

Selasa, 10 Januari 2017 - 15:31 WIB
Abbas Peringatkan Trump Tak Pindahkan Kedubes AS ke Yerusalem
Abbas Peringatkan Trump Tak Pindahkan Kedubes AS ke Yerusalem
A A A
RAMALLAH - Presiden Palestina Mahmoud Abbas memperingatkan Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk tidak memindahkan Kedutaan Besar AS di Israel ke Yerusalem. Peringatan itu disampaikan Abbas melalui sebuah surat yang disampaikan langsung pada Trump.
"Langkah tersebut akan memiliki dampak buruk pada proses perdamaian, pada solusi dua negara dan pada stabilitas dan keamanan seluruh wilayah," tulis Abbas dalam surat kepada Trump, seperti dilansir Al Jazeera pada Selasa (10/1).
Abbas juga diketahui mengirimkan surat kepada kekuatan-kekuatan dunia lainnya, termasuk Rusia, China dan Uni Eropa. Dalam suratnya Abbas menyerukan kekuatan dunia untuk mencegah AS memindahkan kantor perwakilannya di Israel.
Sejumlah pihak sebelumnya telah mewanti-wanti Trump untuk tidak memindahkan kedutaan AS, yang saat ini berada di Tel Aviv tersebut. Salah satu pihak yang mewanti-wantu Trump adalah Yordania.
Menurut Yordania, jika Kedubes AS nekat dipindahkan akan jadi hadiah bagi ekstremis untuk mengobarkan kekerasan.
“Kedutaan Besar AS berpindah akan menjadi ‘garis merah’ bagi Yordania, dan akan mengobarkan (perlawanan) (faksi pro-) Islam dan Arab,” kata Menteri Informasi Yordania Mohammed Momani.
Dia menambahkan, pemindahan itu juga akan menjadi “hadiah bagi ekstremis”. “Rencana kontroversial akan memiliki implikasi bencana pada beberapa tingkatan, termasuk situasi regional,” ujarnya
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4940 seconds (0.1#10.140)