Presiden Korsel Terima Putusan Pemakzulan Dirinya

Jum'at, 09 Desember 2016 - 17:58 WIB
Presiden Korsel Terima Putusan Pemakzulan Dirinya
Presiden Korsel Terima Putusan Pemakzulan Dirinya
A A A
SEOUL - Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-hye akhirnya angkat bicara mengenai keputusan Parlemen yang memakzulkan dirinya. Geun-hye menyatakan, dia sepenuhnya menerima keputusan tersebut.
"Saya sangat menerima keputusan dari Parlemen dan masyarakat dan saya sungguh-sungguh memiliki keinginan untuk mengakhiri kekacauan yang sedang berlangsung," kata Geun-hye dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (9/12).
Dalam pemungutan suara yang berlangsung pagi tadi, 234 anggota Parlemen menyetujui dokumen untuk memakzulkan Geun-hye dan hanya 56 orang yang menolak dokumen tersebut.
Menanggapi pemakzulan ini, warga Korsel melakukan perayaan di depan gedung Parlemen. Ribuan orang berkumpul di depan Parlemen Korsel untuk merayakan keputusan itu. Mereka menari, saling berpelukan, dan meneriakan slogan-slogan kemenangan.
Sementara itu, Menteri Keuangan Korsel Yoo Il-ho, menyerukan rapat darurat untuk membahas dampak dari pemakzulan Geun-hye. "Waktunya belum ditetapkan, tetapi akan ada satu pertemuan untuk membahas (pasar keuangan)," kata seorang pejabat kementerian keuangan Korsel yang menolak disebutkan namanya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4021 seconds (0.1#10.140)