Ribuan Ikan Mati di Saluran Air New York

Kamis, 17 November 2016 - 16:19 WIB
Ribuan Ikan Mati di Saluran Air New York
Ribuan Ikan Mati di Saluran Air New York
A A A
NEW YORK - Warga Long Island, tepatnya Southampton, New York, dikejutkan dengan pemandangan yang mengerikan pada Senin pagi. Ribuan ikan mati dan mengambang di saluran air atau kanal Shinnecock.

Sebelum saluran air yang terkunci itu dibuka, ribuan bangkai ikan Menhaden terlihat mengambang dan menutupi saluran air tersebut. Bahkan, penduduk tidak bisa melihat air karena tertutup oleh bangkai ikan.

Sejumlah teori pun bermunculan terkait fenomena ini. Menurut Christopher Gobler, pengajar program ilmu kelautan di Universitas Stony Brook, keberadaan hewan pemangsa atau predator membuat ikan-ikan tersebut bermigrasi ke saluran air seperti dikutip dari Business Insider, Kamis (17/11/2016).

Sedangkan penjaga teluk Peconic, Sean O'Neill mengatakan bahwa fenomena supermoon yang terjadi beberapa hari lalu kemungkinan menciptakan gelombang besar, memberikan kontribusi membanjiri saluran air dengan ikan-ikan tersebut. Kemudian kunci kanal ditutup.

Dengan kunci tertutup, maka aliran air berhenti. Ribuan ikan pun terjebak, mengkonsumsi semua oksigen yang tersedia di dalam air sampai tidak ada apapun yang tersisa. Dengan tidak ada aliran air atau fotosintesis di malam hari, tidak ada oksigen yang seharusnya mengisi ulang.

Kemungkinan hal itulah yang menyebabkan ribuan ikan Menhaden tersebut mati. Uji coba belum dilakukan, tapi O'Neill mengatakan bahwa tidak ada masalah seperti bahan kimia atau alga, fenomena lain yang dapat membunuh kehidupan laut.

"Saya pikir itu hanya jenis tempat yang salah, waktu yang salah," katanya.

(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5830 seconds (0.1#10.140)