Diprotes Korut, China Sensor Julukan Gendut buat Kim Jong-un

Kamis, 17 November 2016 - 09:24 WIB
Diprotes Korut, China...
Diprotes Korut, China Sensor Julukan Gendut buat Kim Jong-un
A A A
BEIJING - Situs-situs di China kini memberlakukan sensor terhadap julukan gendut yang ditujukan kepada pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un. Kebijakan tersebut dilakukan setelah Korut menyampaikan protes terhadap negara yang menjadi sekutu mereka itu.

Pencarian untuk kata China "Jin San Pang" di mesin pencari Baidu dan platform microblogging Weibo tidak menunjukkan hasil pada minggu ini. Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang, Jin San Pang dilarang karena tidak sesuia dengan fakta.

"Pemerintah China tetap berkomitmen untuk membangun lingkungan berpendapat yang sehat dan beradab. Kami tidak menyetujui komentar yang menghina dan mengejek pemimpin negara lain," katanya seperti dikutip dari Belfast Telegraph, Kamis (17/11/2016).

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Korut telah membuat permintaan resmi kepada para pejabat di China agar berhenti menjuluki pemimpin Korut, Kim Jong-un dengan sebutan “gendut”.

Para pejabat di China sudah diminta untuk menahan diri menjuluki diktator muda penggemar keju Swiss itu dengan sebutan “Jin San Pang” atau ”Kim Fatty III”.

Baca juga:
Korut Minta China Setop Juluki Kim Jong-un Gendut
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0938 seconds (0.1#10.140)