Prancis Peringati Setahun Serangan Paris

Senin, 14 November 2016 - 00:15 WIB
Prancis Peringati Setahun Serangan Paris
Prancis Peringati Setahun Serangan Paris
A A A
PARIS - Prancis memperingati peringatan pertama serangan Paris dalam sebuah upacara. Upacara tersebut dihadiri oleh para kerabat dari 130 orang korban tewas dalam serangan teroris terburuk itu.

Dalam kesempatan itu Presiden Prancis, Francois Hollande, meresmikan plakat di situs di seluruh titik kota yang diserang oleh ISIS mulai dari Stade de France seperti dikutip dari France24, Minggu (13/11/2016).

Holande dan Walikota Paris Anne Hidalgo juga meresmikan plakat di luar bar dan restoran tempat di mana orang-orang bersenjata melepaskan tembakan membabi buta pada para pengunjung.

Upacara peringatan ini diakhiri di luar gedung konser Bataclan. Setidaknya 90 orang tewas oleh berondongan tembakan tiga pelaku penyerangan saat menghadiri konser musik rock dan menjadi puncak dari aksi penyerangan itu. Nama-nama mereka yang tewas dibacakan di hadapan ratusan orang yang berkumpul dalam diam di bawah guyuran hujan.

Bintang rock Sting membuka kembali gedung konser Bataclan yang telah diperbarui dengan acara emosional yang diadakan di tengah keamanan yang ketat pada hari Sabtu.

"Kami tidak akan melupakan mereka," kata penyanyi asal Inggris itu ditengah kerumunan di Prancis setelah keheningan satu menit bagi para korban. Banyak di kerumunan menangis saat Sting menyanyikan lagu pertama, "Fragile".
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5446 seconds (0.1#10.140)