Calon Raja Thailand, Perwira Militer tapi Reputasi Rusak karena Playboy

Jum'at, 14 Oktober 2016 - 10:40 WIB
Calon Raja Thailand,...
Calon Raja Thailand, Perwira Militer tapi Reputasi Rusak karena Playboy
A A A
BANGKOK - Suksesi di Kerajaan Thailand sepeninggal Raja Bhumibol Adulyadej, 88, tidak berjalan secara langsung. Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn, 64, memilih menunda waktu untuk naik takhta.

Reputasi sosok pewaris takhta Kerajaan Thailand ini telah jadi sorotan publik di negara itu. Pangeran Maha Vajiralongkorn tidak sepopuler mendiang ayahnya, karena dia dijuluki pangeran “playboy” atau “flamboyan” karena menikah beberapa kali dan gagal.

Maha Vajiralongkorn sudah diangkat jadi pewaris takhta Kerajaan Thailand pada tahun 1972. Ryan Aherin, analis senior Asia di Global Risk Consultancy Verisk Maplecroft, mengatakan sepeninggal Raja Bhumibol, ada potensi kekacauan politik karena perilaku “flamboyan" sang pangeran.

Menjadi calon Raja Thailand, sosok Pangeran Maha Vajiralongkorn bukan sosok sembarangan. Dia merupakan perwira militer dan pilot pesawat tempur Thailand.

Dia lulus dari Akademi Militer di Canberra, Australia, dan memegang jabatan di korps militer Angkatan Laut dan Angkatan Udara Thailand. Namun, selama beberapa tahun terakhir keterlibatannya di militer berkurang sejak kesehatan ayahnya memburuk.

Selain kalah populer dibanding mendiang ayahnya, Pangeran Maha juga disebut-sebut memiliki hubungan dekat dengan mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra, yang digulingkan oleh junta militer pada tahun 2006. Padahal, Prayuth Chan-ocha Perdana Menteri Thailand saat ini merupakan pemimpin yang mengkudeta Perdana Menteri Yingluck Shinawatra, adik Thaksin Shinawatra.

”Tidak pasti apakah Putra Mahkota akan memberikan pengaruh resminya ke junta setelah dia menjadi raja,” ujar Ryan Aherin. ”Dengan Pemilu tidak sampai 2017, jika sang pangeran mencabut sanksi junta, itu akan memicu kekacauan politik,” imbuh dia.

Hukum di Thailand tidak memungkinkan mengkritik keluarga kerajaan. Namun, kontroversi Pangeran Maha Vajiralongkorn telah menjadi sorotan dalam banyak diskusi selama bertahun-tahun.

Kontroversi utama yang mendominasi kehidupan Pangeran Maha adalah kegagalan tiga penikahannya. Istri ketiganya, Srirasmi beberapa waktu lalu telah jadi sorotan media, setelah mengenakan pakaian yang nyaris telanjang dan makan di lantai dalam perayaan ulang tahun anjing peliharaan sang pangeran.

Pernikahan keduanya juga tak kalah heboh. Pangeran Maha menuduh istri keduanya berzina. Gelar bangsawan istri kedua Pangeran Maha dan anak-anak mereka dilucuti setelah perceraian.

Banyak warga Thailand berharap bahwa Putri Sirindhorn, adik Pangeran Mahkota sebagai penerus Raja Bhumibol. Dia dikenal sebagai “Princess Angel” oleh masyarakat dan lebih populer ketimbang kakaknya. Dia juga memiliki hubungan dekat dengan militer dan pemimpin junta militer saat ini.

Pada tahun 1974, konstitusi Thailand telah diubah untuk memungkinkan perempuan bisa menduduki takhta. Namun, tidak mungkin bahwa ini akan terjadi karena Raja Bhumibol sudah menyatakan bahwa Pangeran Maha Vajiralongkorn sebagai pewaris sah takhta Kerajaan Thailand.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9424 seconds (0.1#10.140)