Pemerintah Duterte Ingin Berlakukan Larangan Merokok Nasional

Senin, 10 Oktober 2016 - 11:53 WIB
Pemerintah Duterte Ingin Berlakukan Larangan Merokok Nasional
Pemerintah Duterte Ingin Berlakukan Larangan Merokok Nasional
A A A
MANILA - Pemerintah Presiden Rodrigo Duterte ingin memberlakukan larangan merokok secara nasional di Filipina. Rancangan undang-undang larangan merokok itu diharapkan ditandatangani Presiden Duterte bulan ini.

Menteri Kesehatan Filipina, Paulyn Ubial, mengatakan jika rancangan undang-undang itu diteken, maka semua tempat umum di Filipina akan menjadi 100 persen bebas asap rokok.

”Kami sudah mengajukan rancangan perintah eksekutif dan presiden mungkin akan menandatanganinya dalam bulan Oktober,” kata Ubial kepada wartawan, Senin (10/10/2016).

Ubial mengatakan perintah eksekutif itu meniru aturan larangan merokok yang sudah diterapkan di Davao City, tempat asal-usul Presiden Duterte.

”Tidak akan ada yang merokok di tempat umum lagi, apakah indoor atau outdoor. Di taman, terminal bus, dan bahkan dalam kendaraan. Semua ini dianggap tempat umum,” kata Ubila, seperti dikutip Philstar.

Presiden Duterte sebelumnya telah menegaskan rencananya untuk memberlakukan larangan merokok secara nasional. Presiden yang sedang mengobarkan perang melawan narkoba ini mengatakan merokok hanya membawa penyakit baik bagi perokok dan non-perokok.

Departemen Kesehatan Filipina juga akan mendorong amandemen UU soal Tembakau Tahun 2003. ”Kami masih mencoba untuk mengeksplorasi amandemen hukum, RA 9211, karena banyaknya isu-isu dan daerah yang abu-abu,” ujarnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6012 seconds (0.1#10.140)