Mesir pada Israel: Berdamailah dengan Palestina!

Rabu, 21 September 2016 - 18:09 WIB
Mesir pada Israel: Berdamailah dengan Palestina!
Mesir pada Israel: Berdamailah dengan Palestina!
A A A
NEW YORK - Mesir menyatakan, jika Israel ingin memiliki catatan bagus dalam sejarah Timur Tengah, maka mereka harus segera berdamai dengan Palestina. Pernyataan itu disampaikan oleh Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi.
Berbicara saat menyampaikan Sidang Umum PBB, Sisi memiliki pesan khusus kepada pemerintah dan masyarakat Israel. Sisi mengatakan, konflik antara Israel dan Palestina adalah salah satu penyebab tidak stabilnya situasi di Timur Tengah.
Oleh karena itu, pemimpin Mesir itu menyerukan pemerintah Israel untuk segera menyelesaikan perjanjian damai dengan Palestina, guna menstabilkan situasi di kawasan. Jika itu terjadi, maka Israel akan memiliki catatan bagus dalam sejarah Timur Tengah.
"Izinkan saya untuk berbicara di luar dari pidato yang sudah ditulis. Saya memiliki pesan khusus untuk para pemimpin dan juga rakyat Israel," kata Sisi dalam pidatonya, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (21/9).
"Kita memiliki kesempatan nyata untuk menulis sebuah halaman yang cerah dalam sejarah di wilayah kita, untuk bergerak ke arah perdamaian," ucapnya, merujuk pada upaya damai Israel dan Palestina.
Mesir, sebagai negara Arab pertama yang berdamai dengan Israel, telah meningkatkan diplomasi selama beberapa bulan terakhir untuk mencoba memulai kembali perundingan perdamaian Israel-Palestina. Perundingan damai Israel dan Palestina terakhir berlangsung pada awal 2014 lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7263 seconds (0.1#10.140)