AS Sebut Serangan Udara ke Pasukan Suriah Sebuah Kecelakaan

Minggu, 18 September 2016 - 06:19 WIB
AS Sebut Serangan Udara ke Pasukan Suriah Sebuah Kecelakaan
AS Sebut Serangan Udara ke Pasukan Suriah Sebuah Kecelakaan
A A A
WASHINGTON - Komando Pusat Amerika Serikat (AS) merilis pernyataan yang mengakui jika serangan udara mereka menghantam posisi angkatan darat Suriah. AS menyatakan serangan tersebut tidak bermaksud menargetkan pasukan Suriah, tapi teroris ISIS.

Para pejabat militer AS mengaku bertanggung jawab atas serangan bom terhadap posisi tentara Suriah yang membuka jalan bagi ISIS untuk melancarkan serangan besar-besaran terhadap pasukan Suriah dan menewaskan 80 personel. Meski begitu, AS mengaku serangan tersebut adalah sebuah kecelakaan dengan sasaran yang dituju adalah ISIS.

Serangan udara itu dilakukan oleh dua jet tempur F-16 dan dua pesawat A10 yang datang ke wilayah udara Suriah melalui perbatasan Irak tanpa otorisasi dari pemerintah Assad seperti dikutip dari Sputniknews, Minggu (18/9/2016).

Kementerian Pertahanan Rusia segera mengecam Amerika Serikat atas serangan mematikan itu dan mengamati jika ISIS lantas melancarkan serangan serangan besar-besaranya pasca serangan udara tersebut.

"Jika serangan udara ini dilakukan karena kesalahan dalam koordinat targetm itu merupakan konsekuensi langsung dari unwillingless pihak AS untuk mengkoordinasikan tindakan terhadap kelompok teroris dengan Rusia," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia menekankan.

Serangan itu terjadi di tengah gencatan senjata di Suriah disepakati oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dan Menteri Luar Negeri AS John Kerry yang mulai berlaku pada tanggal 12 September lalu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4511 seconds (0.1#10.140)