Presiden Zimbabwe Klaim Bangkit dari Kematian

Sabtu, 03 September 2016 - 17:58 WIB
Presiden Zimbabwe Klaim Bangkit dari Kematian
Presiden Zimbabwe Klaim Bangkit dari Kematian
A A A
HARARE - Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe, membuat klaim aneh dengan menyebut dirinya bangkit dari kematian. Klaim itu dia buat setelah muncul rumor bahwa dia jatuh sakit dan terbang ke Dubai untuk perawatan darurat.

Presiden Mugabe sudah berusia 92 tahun. Kubu oposisi sudah lama menginginkan agar dia diganti.

Setelah rumor jatuh sakit menyebar, Presiden Mugabe tiba-tiba muncul di Bandara Internasional Harare dengan raut wajah ceria dan bersemangat.

Mugabe semula dilaporkan melakukan perjalanan ke Asia Timur. Namun, situs pelacak penerbangan pada Jumat (2/9/2016) menyatakan pesawat yang membawa Mugabe tiba di Dubai. Laporan itulah yang memicu rumor bahwa dia jatuh sakit dan mencari perawatan kesehatan darurat di Dubai.

Koran Zimbabwe, Newsday, memuat laporan yang menyebut Mugabe ada Timur Tengah untuk keperluan medis. Laporan lain menyebut presiden menderita kanker prostat.

Rumor lebih ekstrem dilaporkan The Southern Daily, dengan menulis Presiden Mugabe jatuh sakit dan Emmerson Mnangagwa menjadi pelaksana tugas presiden yang memegang kendali negara.

Berbagai rumor itu kemudian ditepis Mugabe.”Saya telah pergi untuk masalah keluarga ke Dubai, terkait salah satu anak saya,” katanya.

”Ya, saya sudah meninggal, itu benar saya sudah meninggal. Saya dibangkitkan seperti yang selalu saya lakukan. Setelah saya kembali ke negara saya, saya nyata (ada),” lanjut Mugabe seperti dikutip Reuters, Sabtu (3/9/2016).

Presiden Mugabe adalah presiden tertua Afrika. Dia berkuasa sejak 1980 dan telah mengumumkan bahwa dia siap jadi presiden lagi pada 2018.

Istrinya, Grace Mugabe, bercanda dengan berujar bahwa suaminya akan memerintah negara dari dalam kubur.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6551 seconds (0.1#10.140)