KTT ASEAN Tak Akan Bahas Penyelesaian CoC di LCS

Kamis, 25 Agustus 2016 - 21:18 WIB
KTT ASEAN Tak Akan Bahas Penyelesaian CoC di LCS
KTT ASEAN Tak Akan Bahas Penyelesaian CoC di LCS
A A A
Penyelesaian Code of Conduct (CoC) atau kode perilaku di Laut China Selatan tidak akan diangkat dalam KTT ASEAN yang akan berlangsung pada bulan depan. Pembahasan mengenai CoC sudah berjalan selama kurang lebih satu dekade.

"Terkait CoC, KTT tentu tidak membahas soal penyelesaian teknis CoC, karena sudah disepakati akan dibahas di working grup, itu mekanismenya," ujar Direktur Kerjasama Keamanan dan Politik ASEAN Kementerian Luar Negeri Indonesia, Chandra Yudha pada Kamis (25/8).

Meski demikian, Chandra mengungkapkan, tidak menutup kemungkinan akan ada pemimpin negara ASEAN yang akan coba membahas masalah ini, walaupun tidak rinci. Menurutnya, satu hal yang mungkin akan diangkat adalah desakan untuk mempercepat penyelesain CoC.

"Tentu para pemimpin akan memberi pandangan agar coc dipercepat. Penyelesaian CoC akan terus diupayakan.
Memang ada pernyataan dari China, bahwa kerangka kerja CoC akan selesai tahun depan dan kita masih bekerja keras untuk merealisasikannya," ungkapnya.

CoC adalah kepanjangan dari Declaration of Conduct (DoC) yang sudah lama disepakati antara ASEAN dan China. CoC akan memberikan dasar bagi semua pihak untuk berperilaku dan bertindak di kawasan Laut China Selatan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5459 seconds (0.1#10.140)