China Luncurkan Satelit Komunikasi Kuantum Pertama di Dunia

Selasa, 16 Agustus 2016 - 15:02 WIB
China Luncurkan Satelit Komunikasi Kuantum Pertama di Dunia
China Luncurkan Satelit Komunikasi Kuantum Pertama di Dunia
A A A
BEIJING - China pada Selasa (16/8/2016) meluncurkan satelit komunikasi kuantum pertama di dunia. Satelit diluncurkan ke orbit dengan roket Long March-2D.

Tugas utama dari satelit ini adalah untuk membuat komunikasi aman dari serangan cyber dan juga untuk melakukan pengintaian elektronik global.

Satelit seberat lebih dari 600 kg jenis Quantum Experiments at Space Scale (Quess) lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Gurun Gobi pada pukul 01.40 pagi waktu setempat.

Satelit ini dijuluki "Micius” sebuah nama yang dipilih untuk menghormati filsuf kuno China. Satelit Quess akan diposisikan di orbit sinkron-matahari, sekitar 600 kilometer (373 mil) di atas Bumi pada sudut 97,79 derajat.

”Satelit baru diluncurkan menandai transisi dalam peran China, dari pengikut dalam pengembangan teknologi informasi (TI) klasik menjadi salah satu pemimpin IT masa depan,” kata Pan Jianwei, kepala ilmuwan proyek Quess dengan Chinese Academy of Sciences (CAS), seperti dikutip Xinhua.

Satelit komunikasi kuantum ini dioperasikan oleh Chinese Academy of Sciences. China berharap bahwa program enkripsi kuantum eksperimental ini akan berperan dalam menangani masalah keamanan informasi ketika pemerintah, militer, dan jaringan keuangan menjadi target utama spionase musuh.

Satelit Quess merupakan program prioritas strategis Pusat Ilmu Pengetahun Dirgantara Nasional China. Jika operasi Quess berhasil, China berharap untuk mendirikan sebuah jaringan distribusi kunci kuantum Asia-Eropa pada tahun 2020, dan jaringan komunikasi kuantum global pada 2030.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5395 seconds (0.1#10.140)