Kuasa Hukum Khawatirkan Keselamatan Fethullah Gullen

Sabtu, 06 Agustus 2016 - 06:47 WIB
Kuasa Hukum Khawatirkan Keselamatan Fethullah Gullen
Kuasa Hukum Khawatirkan Keselamatan Fethullah Gullen
A A A
WASHINGTON - Pengacara ulama sekaligus tokoh oposisi Turki Fethullah Gulen mengatakan mereka mengkhwatirkan serangan terhadap kliennya yang dituding menjadi dalang kudeta gagal 15 Juli di Turki. Gullen sendiri telah menyangkal jika ia terlibat dalam kudeta berdarah itu.

Berbicara dalam konferensi pers di Washington, pengacara Gulen mengatakan mereka mengharapkan ia untuk tetap berada di kompleks Pennsylvania di mana ia tinggal di pengasingan, dan tidak berusaha untuk melarikan diri, seperti dikutip dari BBC, Sabtu (6/8/2016).

Pengacara Gulen mengatakan paling tidak setiap permintaan ekstradisi akan melewati proses di pengadilan AS. Mereka juga menyatakan hampir tidak ada kemungkinan kliennya akan mendapatkan pengadilan yang adil di Turki mengingat apa yang telah dituduhkan terhadap dirinya sejak upaya kudeta.

"Ini akan menjadi sesuatu yang belum terjadi sebelumnya dan mengerikan jika AS mengambil orang yang tua renta, memasukkannya ke pesawat yang membawanya ke dalam sebuah rencana dengan hal-hal mengerikan tentangnya seperti yang telah dikatakan oleh pemerintah Turki," kata salah satu pengacara Gulen, Reid Weingarten.

Pemerintah Turki telah mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Gullen dengan tuduhan mendalangi upaya kudeta. Hal ini mendasari permintaan Turki kepada Amerika Serikat (AS) untuk mengekstradisinya.

Meskipun begitu, AS mengatakan pengadilan yang akan mempertimbangkan permintaan itu jika dan ketika itu diajukan. Hal ini juga meminta bukti keterlibatan Gulen dalam upaya kudeta, yang Turki mengatakan telah disediakan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6486 seconds (0.1#10.140)