Erdogan: Tak Ada Beda, Kurdi, ISIS dan Fethullah Gulen

Kamis, 04 Agustus 2016 - 14:29 WIB
Erdogan: Tak Ada Beda, Kurdi, ISIS dan Fethullah Gulen
Erdogan: Tak Ada Beda, Kurdi, ISIS dan Fethullah Gulen
A A A
ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan sekali lagi bahwa dia tidak melihat perbedaan antara kelompok Kurdi (PKK, PYD, YPG) Daesh (ISIS), dan Fetullah Gulen serta kelompok Gulen yang disebut sebagai Feto. Menurut Erdogan, semua yang dia sebut itu adalah teroris yang melawan Turki.

”Semua orang memiliki kemampuan bertindak bersama-sama melawan Republik Turki,” kata Erdogan dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Meksiko, pada Rabu malam.

”Namun, kami akan terus memerangi mereka,” lanjut Erdogan.

Pada bagian kedua dari wawancara itu, Erdogan mengecam klaim Fethullah Gulen bahwa Turki telah membantu Daesh. Sebaliknya, Erdogan menegaskan bahwa Turki telah mengambil bagian dalam memerangi kelompok teroris yang berulah di Irak dan Suriah itu.

Presiden Erdogan melanjutkan, senjata yang dikirim Amerika Serikat (AS) ke PYD dan YPG di Ayn al-Arab, Suriah utara, yang dilaporkan untuk mendukung perjuangan mereka melawan Daesh, juga disita oleh Daesh sendiri.

”Saya mengatakan kepada Obama (Presiden AS Barack Obama) sebelumnya bahwa setengah dari senjata mereka yang dikirim ke Ayn al-Arab jatuh ke tangan Daesh,” kata Erdogan yang dikutip Anadolu, Kamis (4/8/2016).

Dia menyerukan masyarakat internasional untuk mengambil sikap terhadap semua kelompok-kelompok teroris yang dia sebut itu.

Erdogan lebih lanjut menjelaskan penerapan status darurat di Turki untuk tiga bulan ke depan sejak kudeta militer digagalkan pada 15 Juli 2016 lalu. Tujuan itu, kata dia, untuk secara efektif dan cepat melaksanakan proses hukum.

”Ini adalah masalah internal Turki, dan kami membuat keputusan sendiri,” katanya. Upaya kudeta itu telah menewaskan ratusan orang dan melukai ribuan orang lainnya. Penangkapan besar-besaran telah dilakukan Pemerintah Erdogan sejak kudeta digagalkan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6906 seconds (0.1#10.140)