Iran Sebut AS Menyia-nyiakan Kesepakatan Nuklir

Rabu, 03 Agustus 2016 - 18:38 WIB
Iran Sebut AS Menyia-nyiakan...
Iran Sebut AS Menyia-nyiakan Kesepakatan Nuklir
A A A
TEHERAN - Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan, Amerika Serikat (AS) telah menyia-nyiakan kesempatan yang disajikan oleh kesepakatan nuklir yang dicapai oleh Iran, dan negara kekuatan dunia. Menurut Rouhani, kesepakatan ini harusnya dijadikan momentum untuk memperbaiki hubungan kedua negara dalam berbagai bidang.

Pernyataan Rouhani ini merupakan kelanjutan dari pernyataan yang dibuat oleh pemimpin tertinggi spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei. Dimana, Khamenei menyebut kesepakatan nuklir adalah sebuah tes bagi komitmen AS terhadap perjanjian internasional.

"Sebagai pemimpin tertinggi, kesepakatan nuklir adalah sebuah tes, dan sayangnya AS tidak lulus dalam tes itu, karena tidak sepenuhnya mematuhi kesepakatan," kata Rouhani dalam pidatonya yang disiarkan di televisi nasional Iran, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (3/8).

Dia menuturkan, jika saja AS mau menurunkan ego, dan sepenuhnya mematuhi kesepakatan yang dicapai pada akhir 2015 itu, maka akan banyak hal positif yang bisa dicapai. Hal yang bisa menguntungkan bukan hanya Iran dan AS, tapi juga mungkin seluruh kawasan Timur Tengah.

"Jika AS menerapkan perjanjian nuklir dengan itikad baik dan presisi, dan telah mengurangi hambatan dan keterlambatan yang kita lihat sekarang, kita bisa memiliki lebih banyak kepercayaan dan terlibat dalam negosiasi dalam isu lain, yang bisa saja untuk kepentingan wilayah, AS dan kami," sambungnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0813 seconds (0.1#10.140)