Warna Danau di Iran Berubah dari Hijau Jadi Merah Darah

Minggu, 31 Juli 2016 - 03:10 WIB
Warna Danau di Iran Berubah dari Hijau Jadi Merah Darah
Warna Danau di Iran Berubah dari Hijau Jadi Merah Darah
A A A
TEHERAN - Warna Danau Urmia di Iran mengalami perubahan yang mengejutkan, dari hijau menjadi merah darah. Perubahan warna danau itu terpantau satelit Aqua NASA.

Ukuran Danau Urmia adalah lima kali ukuran wilayah Hong Kong. Perubahan warna danau itu terjadi akibat kondisi kekerangan yang meningkat.

Kondisi itu dikhawatirkan akan membuat Danau Urmia—yang merupakan situs UNESCO—secara perlahan-lahan akan menghilang dari muka bumi.

Satelit NASA yang menggunakan Moderate Resolution Imagining Spectroradiometer menunjukkan gambar-gambar kondisi danau itu sebagai perbandingan. Contoh, gambar yang diambil pada 23 April 2016 menunjukkan warna danau itu hijau kebiru-biruan. Tapi, gambar yang diambil pada 18 Juli 2016, menunjukkan warna danau menjadi merah darah.

Selain berubah warna, rasa air danau itu juga berubah menjadi lebih asin. Ganggang mikroskopis dan bakteri juga tampak menjadi lebih jelas.

Mohammad Tourian, ilmuwan dari University of Stuttgart, mengaku telah mengamati berkurangnya ukuran Danau Urmia atau proses “menghilang” danau secara bertahap. Menurutnya, fenomena berubahnya warna Danau Urmia menjadi merah darah bukan hal aneh.

“Hasil dari citra satelit menunjukkan hilangnya batas air pada tingkat rata-rata 220 km persegi per tahun, yang menunjukkan bahwa danau telah kehilangan sekitar 70 persen dari luas permukaan selama 14 tahun terakhir,” katanya kepada Russia Today, yang dikutip Minggu (31/7/2016).

Selain masalah kekeringan, pengalihan air danau secara intensif untuk pertanian juga ikut disalahkan. Sebab, hal itu telah membatasi jumlah air tawar yang idealnya mencapai danau.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4064 seconds (0.1#10.140)