Finlandia Ulang Tahun Seabad, Norwegia Beri Kado Gunung

Jum'at, 29 Juli 2016 - 05:19 WIB
Finlandia Ulang Tahun Seabad, Norwegia Beri Kado Gunung
Finlandia Ulang Tahun Seabad, Norwegia Beri Kado Gunung
A A A
OSLO - Pemerintah Norwegia telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan menggeser perbatasan dengan memberikan salah satu dari dua puncak Gunung Halti kepada tetangganya, Finlandia. Hadiah satu puncak gunung itu sebagai kado ulang tahun ke-100 kemerdekaan Finlandia.

”Ada beberapa kesulitan formal dan saya belum membuat keputusan akhir,” kata Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg. ”Tapi kita melihat ke dalamnya,” katanya lagi.


Gunung Halti terdiri dari dua puncak yang dimiliki Norwegia. Namun, salah satunya kini diberikan kepada Filandia.


Untuk melakukan itu, Norwegia perlu untuk memindahkan perbatasan sekitar 40 meter dan menyerahkan wilayah pegunungan yang luasnya 0,015 km persegi dari total luas wilayahnya kepada Finlandia.


“Puncak (gunung) akan menjadi hadiah yang indah untuk adik bangsa kami,” kata Wali Kota Kafjord, Svein Leiros, seperti dikutip Sputniknews, Jumat (29/7/2016 . Dia bersama para politisi lokal lainnya telah menulis kepada pemerintah di Oslo untuk mengekspresikan dukungan pemberian hadiah gunung tersebut.


Leiros mengatakan bahwa pemberian gunung itu tidak akan membuat Norwegia mengalami kerugian yang signifikan.


Ide memberikan gunung itu berasal dari pensiunan ahli geofisika bernama Bjorn Geirr Harsson, 76. Pada 2015, Harsson mengusulkan idenya kepada Kementerian Luar Negeri Norwegia, yang mendapat penolakan dengan alasan bertentangan dengan konstitusi.


Tapi Oyvind Ravna, seorang profesor hukum di Norwegia, menunjukkan bahwa Norwegia sebelumnya telah membuat penyesuaian kecil untuk perbatasannya dengan Finlandia dan Rusia, yang mencerminkan perubahan dalam dasar sungai dan posisi pergeseran dari gumuk pasir dan pulau.


Menurut Ravna, hukum konstitusi tidak relevan untuk perubahan kecil seperti, sehingga ide memberikan gunung tepat.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6690 seconds (0.1#10.140)