87 Mayat Migran Terdampar di Pantai Libya

Selasa, 26 Juli 2016 - 11:50 WIB
87 Mayat Migran Terdampar di Pantai Libya
87 Mayat Migran Terdampar di Pantai Libya
A A A
TRIPOLI - Seorang pejabat media di kota pesisir Sabratha, Libya, mengatakan bahwa sejak akhir pekan lalu jumlah mayat migran yang terdampar di pantai kota itu telah mencapai 87. Mayat-mayat tersebut mulai bermunculan di barat pantai kota Tripoli sejak Jumat lalu.

Pada hari Sabtu, 41 mayat ditemukan oleh sekelompok relawan yang dilatih oleh dewan kota dan dikirim ke kamar mayat untuk dilakukan tes DNA sebelum dimakamkan. "Sisanya ditemukan selama akhir pekan," tambah pejabat itu seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (26/7/2016).

Migrasi ilegal dari Libya pada musim pana ketika Laut Mediterania dalam kondisi tenang dimanfaatkan para penyelundup manusia untuk mengirimkan migran menggunakan kapal yang tidak aman. Mereka memanfaatkan rasa putus asa para migran untuk memulai hidup baru di Eropa.

Para penyelundup manusia mengambil keuntungan dari kekacauan yang mencengkeram Libya sejak pemberontakan menggulingkan diktator Moammar Gaddafi sejak 2011 untuk keuntungan pribadi. Mereka menjejalkan para migran dalam perahu yang kecil dan tidak aman untuk perjalanan berbahaya ke Italia yang jaraknya hanya 300 kilometer dari negara itu.

Setiap tahunnya, ribuan migran mencoba melakukan perjalanan berbahaya itu tetapi banyak diantara mereka tenggelam. Lebih dari 10.000 migran menuju Eropa, sebagian besar dari sub-Sahara Afrika, telah meninggal atau hilang di Mediterania sejak 2014. Demikian laporan Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6106 seconds (0.1#10.140)