Buntut Kudeta Berdarah, Paspampres Turki Dibubarkan

Senin, 25 Juli 2016 - 06:55 WIB
Buntut Kudeta Berdarah, Paspampres Turki Dibubarkan
Buntut Kudeta Berdarah, Paspampres Turki Dibubarkan
A A A
ANKARA - Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim mengatakan bahwa Turki telah membubarkan satuan pengawal elit presiden atau Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Hal itu dilakukan menyusul upaya kudeta berdarah yang menewaskan ratusan orang pada 15 Juli lalu.

Kepada kantor berita milik negara Anadolu, Yildirim mengatakan, beberapa tentara yang menyerang kantor penyiaran negara TRT selama kudeta terjadi berasal dari satuan pengawal presiden.

"Kami memutuskan bahwa tidak akan ada lagi unit penjaga di kompleks ini," katanya seperti dikutip dari laman CNN, Senin (25/7/2016).

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 283 dari 300 anggota Paspampres Tayyip Edogan yang jadi tersangka ditangkap karena dituduh terkait kelompok kudeta.

Baca juga:
Dituduh Terkait Pro-Kudeta, 283 Paspampres Erdogan Ditangkap

Data jumlah anggota Paspampres Turki yang ditangkap itu dilaporkan penyiar CNN-Turk pada hari Jumat. Para anggota Paspampres Erdogan itu selama ini ditugaskan di istana kepresidenan di Ankara. Menurut laporan media lokal, jumlah total Paspampres Turki mencapai 2.500 orang.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4620 seconds (0.1#10.140)