Kapal Selam Nuklir Inggris dan Kapal Dagang Tabrakan di Gibraltar

Kamis, 21 Juli 2016 - 13:42 WIB
Kapal Selam Nuklir Inggris dan Kapal Dagang Tabrakan di Gibraltar
Kapal Selam Nuklir Inggris dan Kapal Dagang Tabrakan di Gibraltar
A A A
LONDON - Kapal selam nuklir Inggris, HMS Ambush, bertabrakan dengan kapal pedagang di kawasan perairan Gibraltar pada hari Rabu. Angkatan Laut Inggris pada Kamis (21/7/2016), mengklaim kapal selam nuklir mereka tidak menderita kerusakan akibat insiden itu.

Kapal selam HMS Ambush merupakan salah satu kapal selam Astute-class terbaru yang dimiliki Inggris. Menurut Angkatan Laut Inggris, tabrakan terjadi sekitar pukul 13.30 siang waktu setempat kemarin. Kapal selam itu sedang melakukan latihan.

Meski diklaim tidak ada kerusakan pada reaktor nuklir, kapal selam Inggris ini terpaksa berlabuh. ”Tidak ada masalah keamanan yang terkait dengan HMS Ambush,” bunyi pernyataan Angkatan Laut Inggris. Penyelidikan atas insiden tabrakan ini sedang berlangsung.

Kapal selam seberat 7.400 ton dan panjang 97 meter ini dilengkapi dengan rudal torpedo dan rudal jelajah Tomahawk. HMS Ambush dibangun dengan dana lebih dari 1,1 miliar poundsterling.

Angkatan Laut Inggris melanjutkan, Kapal HMS Ambush sebelumnya telah berpartisipasi dalam latihan di Mediterania. ”Yang bertujuan mengasah kemampuan perang anti-kapal selam,” kata Angkatan Laut Inggris, seperti dikutip Russia Today.

”Kapal dan pesawat dari Inggris, AS dan Prancis menghabiskan 10 hari mengasah kemampuan mereka untuk berburu kapal selam, kesempatan penting bagi ketiga negara untuk mengembangkan dan mempraktekkan teknik mereka sebagai bagian dari kelompok tugas maritim dalam permainan ‘kucing- dan tikus’ yang anti-kapal selam,” imbuh pernyataan Angkatan Laut itu.

Gibraltar berada di ujung selatan Spanyol yang telah menjadi wilayah Inggris sejak 1713. Kawasan itu kerap jadi sumber ketegangan antara Inggris dan Spanyol, di mana Madrid ingin menegaskan kembali kedaulatannya atas kawasan tersebut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5548 seconds (0.1#10.140)