Kemlu: 3 WNI Diculik karena Kantongi Identitas Lengkap

Rabu, 13 Juli 2016 - 18:54 WIB
Kemlu: 3 WNI Diculik karena Kantongi Identitas Lengkap
Kemlu: 3 WNI Diculik karena Kantongi Identitas Lengkap
A A A
JAKARTA - Direktur Perlindungan Warga Negara dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri Indonesia, Lalu Muhammad Iqbal mengungkap kenapa hanya tiga orang yang diculik oleh kelompok bersenjata Filipina di perairan Malaysia pekan lalu. Alasannya, tiga orang yang diculik, dimana semuanya adalah warga negara Indonesia (WNI) itu memiliki identitas lengkap.

Iqbal menuturkan, di atas kapal tersebut ada tujuh orang anak buah kapal (ABK). Empat diantaranya adalah WNI, sedangkan tiga orang lainnya adalah warga negara Malaysia, dan yang membawa identitas lengkap hanya tiga WNI yang diculik.

"Tujuh orang di atas kapal, kemudian tiga diculik, yang empat dibebaskan. Dari empat yang dibebaskan ada satu lagi WNI, tapi dia tidak bawa paspor. Tiga yang diculik bawa paspor, jadi mereka diambil karena jelas kewarganegaraannya," kata Iqbal pada Rabu (13/7).

"Tapi maksimum mereka (penculik) memang membawa empat orang, karena kapastitas speedboatnya kan memang rata-rata untuk empat orang. Yang membedakan, yang pertama mereka menculik 10 orang, karena tidak dipindahkan ke speedboat, tapi sekaligus dibawa dengan tug boatnya," sambungnya.

Pria asal Lombok itu menambahkan, bahwa saat ini pemerintah Indonesia terus melakukan komunikasi dengan semua pihak untuk mempercepat proses pembebasan ketiga WNI itu. Sejatinya, selain tiga WNI yang diculik pekan lalu, kelompok bersenjata FIlipina juga menyandera tujuh orang WNI lainnya, yang diculik pada akhir Juni lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5345 seconds (0.1#10.140)