Pemerintah Inggris Tolak Referendum UE Ulang

Sabtu, 09 Juli 2016 - 14:11 WIB
Pemerintah Inggris Tolak Referendum UE Ulang
Pemerintah Inggris Tolak Referendum UE Ulang
A A A
LONDON - Pupus sudah harapan dari 4,1 juta rakyat Inggris yang menginginkan referendum ulang untuk menentukan status Inggris di Uni Eropa (UE). Pemerintah Inggris memastikan tidak akan ada referendum ulang dan menyatakan referendum hanya sekali untuk satu generasi.

"Perdana Menteri dan pemerintah telah jelas, bahwa ini adalah pemungutan suara sekali dalam satu generasi dan, sebagaimana Perdana Menteri katakan, keputusan harus dihormati. Kita sekarang harus mempersiapkan diri untuk proses keluar dari UE dan pemerintah berkomitmen untuk memastikan hasil terbaik bagi rakyat Inggris dalam negosiasi," begitu pernyataan pemerintah Inggris disitir dari The Guardian, Sabtu (9/7/2016).

Sebelumnya, sebuah petisi online meminta referendum ulang muncul hanya beberapa jam setelah pengumuman kemenangan kelompok Brexit dalam referendum. Petisi itu menyatakan bahwa pemerintah Inggris harus menggelar referendum ulang jika suara pendukung Brexit kurang dari 60% dan jumlah pemilih kurang dari 75%.

Baca juga: Pasca Kemenangan Brexit, Muncul Petisi Referendum Ulang

Terkait hal ini, pemerintah Inggris menyatakan bahwa UU Referendum UE menyatakan bahwa tidak memasukkan aturan tentang jumlah pemilih minimum.

"Dalam perjalanannya, keputusan ini telah ditelaah dan diperdebatkan di parlemen dan disepakati oleh House of Commons dan House of Lords. Keputusan ini menetapkan syarat-syarat referendum akan dilakukan, termasuk ketentuan untuk menetapkan tanggal, hak memilih, dan pertanyaan di dalam surat suara. Keputusan ini tidak menetapkan ambang batas untuk hasil atau untuk pemilih maksimal," begitu pernyataan pemerintah Inggris.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6541 seconds (0.1#10.140)