Wanita 117 Tahun Wafat Setelah Dapat Akta Lahir

Jum'at, 01 Juli 2016 - 20:53 WIB
Wanita 117 Tahun Wafat Setelah Dapat Akta Lahir
Wanita 117 Tahun Wafat Setelah Dapat Akta Lahir
A A A
MEXICO CITY - Seorang wanita berusia 117 tahun di Mexico City meninggal dunia hanya beberapa jam setelah mendapatkan akta kelahirannya. Akta keliharan itu dibutuhkan untuk mendapatkan jaminan sosial dari pemerintah Meksiko.

Trinidad Alvarez Lira telah menunggu selama bertahun-tahun untuk mendapatkan akta keliharan guna membuktikan jika dirinya lahir pada tahun 1898. Selama hidupnya, ia tidak pernah mendapatkan jaminan sosial untuk manula dari pemerintah Meksiko. Hal ini dikarenakan ia tidak mempunyai bukti usianya, seperti dikutip dari laman CBS News, Jumat (1/7/2016).

Usaha dan perjuangan panjangnya berujung pada keberhasilan. Departemen Sosial Kota mengatakan telah mengeluarkan akta kelahiran Lira pada awal pekan ini. Namun sayangnya, Lira menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu lalu karena serangan jantung. Ia pun belum sempat menikmati jaminan sosial untuk manula dari pemerintah Meksiko.

Lira adalah wanita berusia diatas 100 tahun kedua yang meninggal pada tahun ini. Sebelumnya ada Sussanah Mushatt Jones, yang bahkan ditetapkan sebagai manusia tertua di dunia. Jones meninggal pada usia setahun lebih muda dari Lira yaitu 116 tahun.

Baca juga: Manusia Tertua di Dunia Wafat di Usia 116 Tahun

Pasca kematian Lira dan Jones, manusia tertua yang hidup saat ini adalah Emma Morano. Wanita asal Italia ini berusia 116 tahun dan hanya beberapa bulan lebih muda dari Jones.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6273 seconds (0.1#10.140)