AS Bertekad Bantu Inggris Lalui Transisi Pra-Brexit

Selasa, 28 Juni 2016 - 19:39 WIB
AS Bertekad Bantu Inggris Lalui Transisi Pra-Brexit
AS Bertekad Bantu Inggris Lalui Transisi Pra-Brexit
A A A
LONDON - Amerika Serikat (AS) bertekad untuk melakukan yang terbaik guna membantu Inggris melalui masa transisi setelah Brexit. AS akan berusaha agar proses transisi itu berlangsung sehalus mungkin.

Berbicara saat melakukan lawatan ke Brussel, Menteri Luar Negeri AS, John Kerry menuturkan, pihaknya akan mengerahkan semua yang mereka miliki untuk membantu proses tranisis ini. Hal ini dilakukan bukan semata-mata karena faktor Inggris, tapi juga karena Uni Eropa (UE).

"Ini adalah niat saya dan komitmen Presiden (Barack) Obama, baik untuk UE dan hubungan khusus (dengan Inggris) untuk melakukan segala daya kami untuk membuat proses transisi ini sehalus mungkin," kata Kerry, seperti dilansir Sputnik pada Senin (27/6).

Di kesempatan yang sama, ia juga mengatakan, paska Brexit dirinya berharap dapat melihat NATO yang yang lebih kuat. Kerry berharap, keluarnya Inggris dari UE tidak berpengaruh pada NATO.

"Saya pikir kita semua menginginkan NATO yang lebih kuat dan maju karena kejelasan akan menjadi penting, dan saya pikir 22 negara NATO yang juga negara UE sudah mengerti mengenai hal ini," pungkasnya.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg sebelumnya mengatakan, kerjasama aliansi dengan UE telah menjadi lebih penting menyusul keputusan oleh Inggris untuk keluar UE.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6500 seconds (0.1#10.140)