AS: Pasukan Irak Kuasai Sepertiga Wilayah Fallujah

Rabu, 22 Juni 2016 - 17:29 WIB
AS: Pasukan Irak Kuasai Sepertiga Wilayah Fallujah
AS: Pasukan Irak Kuasai Sepertiga Wilayah Fallujah
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengatakan, sejauh ini pasukan Irak telah berhasil mengendalikan sepertiga wilayah kota Fallujah. Pernyataan ini diungkapkan empat hari setelah Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi menyatakan kota Fallujah telah dibebaskan dari ISIS.

"Sekitar sepertiga dari kota Fallujah telah dibersihkan oleh pasukan darat yang dipimpin oleh Irak. Sisanya masih diperebutkan. Kami akan terus mendukung pemerintah Irak dalam memberangus ISIS dari Fallujah," kata juru bicara Departemen Pertahanan AS. Matthew Allen.

Allen menambahkan, pertempuran telah dan akan terus terjadi serta menjadi pertempuran yang sulit seperti dikutip dari laman Al Jazeera, Rabu (22/6/2016).

Sebelumnya Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengumumkan, bahwa Fallujah, benteng lama ISIS yang berjarak 50km dari Baghdad, dibebaskan setelah pasukan pemerintah merebut kembali gedung pemerintah di pusat kota.

Pemerintah Irak melancarkan serangan intensif ke Fallujah mulai 23 Mei dan menyebabkan lebih dari 60.000 orang terjebak dalam peperangan dan memaksa mereka bertahan hidup dengan caranya sendiri.

"Mereka telah makan kurma busuk dan pakan ternak, serta minum dari sungai yang tercemar" kata pekerja sosial dari Norwegian Refugee Council, Karl Schembri.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4603 seconds (0.1#10.140)