Profesor Turki Samakan Orang Tak Berdoa dengan Binatang

Selasa, 14 Juni 2016 - 17:02 WIB
Profesor Turki Samakan Orang Tak Berdoa dengan Binatang
Profesor Turki Samakan Orang Tak Berdoa dengan Binatang
A A A
ANKARA - Mustafa Askar, seorang profesor di Turki memicu kemarahan publik setelah menyamakan orang yang tidak berdoa dengan "binatang". Terlebih, pernyataan itu disampaikan di program Ramadhan di stasiun televisi negara.

”Mari saya jelaskan langsung, ayat Alquran mengatakan ... hewan tidak menjalankan doa dan mereka yang tidak melakukan doa adalah binatang,” kata Mustafa Askar selama acara itu ditayangkan di staisun televisi TRT dikelola negara, saat akhir pekan.

Askar mengatakan manusia adalah satu-satunya makhluk yang berdahi miring untuk memungkinkan bersujud. Doa yang dimaksud profesor ini adalah salat.

Mustafa Askar merupakan profesor di Fakultas Teologi Universitas Ankara.

Pernyataan kontroversial itu membuat Direktorat Urusan Agama Turki atau Diyanet marah. Menurut pihak direktorat, pernyataan Mustafa Askar tidak dapat diterima karena menghina dengan menargetkan kebebasan iman manusia.

”Tempat, kepentingan dan nilai doa dalam agama kita dikenal oleh semua orang,” kata Diyanet dalam sebuah pernyataan di akun Twitter-nya. ”Tapi itu tidak dapat diterima untuk merendahkan atau menghina orang dengan menargetkan kebebasan iman dan ibadah.”

Politikus oposisi Turki, Engin Altay, dari Partai Republik Rakyat (CHP) yang dikenal berpandangan sekuler, menyebut Askar sebagai "orang gila."

”Saya sudah membaca Alquran. Tak ada satu ayat, atau sabda (nabi yang dia maksud). Saya pikir orang ini adalah orang gila,” katanya dikutip oleh kantor berita Dogan, Selasa (14/6/2016).

”Orang-orang yang seperti binatang sebenarnya orang-orang yang membiarkan dia tampil di sebuah perusahaan penyiaran penting seperti TRT,” kesal politikus Turki ini.



(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5003 seconds (0.1#10.140)