Nigeria Klaim Berhasil Jinakkan Boko Haram

Rabu, 25 Mei 2016 - 16:53 WIB
Nigeria Klaim Berhasil Jinakkan Boko Haram
Nigeria Klaim Berhasil Jinakkan Boko Haram
A A A
JAKARTA - Nigeria mengklaim telah berhasil menjinakkan kelompok Boko Haram, yang ditandai dengan tidak adanya lagi wilayah di Nigeria yang dikuasi oleh kelompok tersebut. Hal ini disampaikan oleh Duta Besar Nigeria untuk Indonesia, Ibim Nkem Charles.

Charles, yang berbicara saat konferensi pers peringatan 53 tahun Uni Afrika (UA) di Jakarta, juga menuturkan bahwa mereka tidak bekerja sendirian untuk bisa melemahkam Boko Haram. Nigeria dibantu oleh empat negara lainnya, yang berada di bawah payung pasukan gabungan untuk memberangus kelompok itu.

"Untuk melawan Boko Haram kami membentuk sebuah pasukan gabungan yang terdiri dari lima negara, yakni Nigeria, Chad, Niger, Kamerun, dan Benin. Pasukan gabungan sejauh ini sukses melemahkan Boko Haram," kata Charles.

"Saat ini Boko Haram hanya berada di dalam hutan, mereka sudah tidak lagi menguasai sebuah wilayah di negara kami," sambungnya dalam sebuah pernyataan pada Rabu (25/5).

Boko Haram sendiri mulai membuat Nigeria gerah saat mereka menculik ratusan siswi di Chibok, dimana sampai saat ini belum semuanya berhasil dibebaskan. Kelompok itu semakin membuat otoritas Nigeria naik pitam saat mereka mulai melakukan serangan sporadis nan sadis terhadap desa-desa di Nigeria.

Aksi Boko Haram perlahan-lahan mulai merambah ke negara lain di sekitar Nigeria, yang pada akhirnya membuat negara-negara tersebut gerah. Kemudian negara yang terdampak Boko Haram memutuskan untuk membentuk pasuka gabungan, dengan tujuan memusnahkan kelompok yabg sudah berafiliasi dengan ISIS itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5160 seconds (0.1#10.140)