Jika Menang, Capres AS Ini Janjikan Kemerdekaan Puerto Rico

Selasa, 17 Mei 2016 - 16:05 WIB
Jika Menang, Capres...
Jika Menang, Capres AS Ini Janjikan Kemerdekaan Puerto Rico
A A A
PUERTO RICO - Bakal calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari partai Demokrat, Bernie Sanders membuat sebuah janji kampanye yang terbilang cukup mengejutkan. Dirinya menjanjikan kemerdekaan kepada Puerto Rico, jika ia kelak terpilih sebagai Presiden AS.

Dalam kampanye di wilayah tersebut, Sanders mengaku akan memberikan tiga opsi kepada masyarakat Puerto Rico. Dimana, salah satu opsinya adalah masyarkat Puerto Rico boleh memilih untuk lepas dari AS, dan menjadi sebuah negara yang merdeka dan berdaulat.

"Orang-orang dari Amerika tidak dapat melanjutkan hubungan kolonial dengan orang-orang dari Puerto Rico," kata Sanders dalam kampanyenya, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (17/5).

"Ada tiga opsi yang akan saya berikan pada Puerto Rico. Menjadi negara bagian ke-51 di AS, memiliki hak khusus sebagai bagian dari wilayah AS, atau bisa menjadi sebuah negara yang merdeka," sambungnya.

Sanders sendiri saat ini masih berusaha keras untuk mengejar saingannya, yakni Hillary Clinton. Senator asal Vermont itu saat ini masih tertinggal jauh dari saingan satu-satunya tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0669 seconds (0.1#10.140)