Oposisi Venezuela Bersumpah Lengserkan Maduro

Minggu, 15 Mei 2016 - 11:15 WIB
Oposisi Venezuela Bersumpah Lengserkan Maduro
Oposisi Venezuela Bersumpah Lengserkan Maduro
A A A
CARACAS - Oposisi Venezuela mengecam pemberlakuan keadaan darurat yang ditetapkan oleh Presiden Nicolas Maduro. Mereka pun bersumpah akan melengserkan pemimpin sayap kiri itu pada tahun ini, di tengah krisis ekonomi yang suram.

"Kita berbicara tentang seorang presiden putus asa yang menempatkan dirinya pada margin legalitas dan konstitusionalitas," kata pemimpin koalisi Persatuan Demokrasi, Yesus Torrealba, sembari menambahkan bahwa Maduro telah kehilangan dukungan dari loyalisnya.

"Jika status negara darurat ini dikeluarkan tanpa berkonsultasi dengan Majelis Nasional, kita secara teknis berbicara tentang kudeta," katanya lagi kepada ratusan pendukung yang melambai-lambaikan bendera Venezuela dan meneriakkan "dia akan jatuh," dikutip dari Reuters, Minggu (15/5/2016).

Kelompok oposisi memenangkan kontrol dari Majelis Nasional dalam pemilihan Desember lalu, didorong oleh kemarahan pemilih atas kurangnya produk pangan, amuk massa atas inflasi yang memangkas gaji, serta kejahatan kekerasan yang merajalela. Namun, pengaruh legislatif ini dilemahkan oleh Mahkamah Agung.

Sebelumnya, pada Jumat malam, Maduro mengumumkan keadaan darurat selama 60 hari karena apa yang disebut rencana dari Venezuela dan Amerika Serikat untuk menumbangkannya. Namun, ia tidak memberikan secara spesifik rencana itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5654 seconds (0.1#10.140)