Utusan PBB: Pertumbuhan Hizbullah Mengancam Lebanon

Sabtu, 14 Mei 2016 - 16:51 WIB
Utusan PBB: Pertumbuhan Hizbullah Mengancam Lebanon
Utusan PBB: Pertumbuhan Hizbullah Mengancam Lebanon
A A A
NEW YORK - Utusan PBB untuk Lebanon, Terje Rod-Larsen memperingatkan, keterlibatan Hizbullah dalam konflik di Suriah dan baru-baru ini di Irak berisiko memperluas ketegangan sektarian ke Lebanon. Pasalnya, ISIS dan sayap Al-Qaeda di Suriah yaitu Front al-Nusra juga memperluas pengaruhnya.

Ia pun menyerukan pembubaran Hizbullah dalam pertemuan terakhirnya dengan Dewan Keamanan (DK) PBB sebelum mundur pada 31 Mei mendatang setelah bertugas selama 12 tahun. "Kemampuan mereka untuk tumbuh merupakan ancaman besar dan berbahaya untuk kedaulatan, stabilitas, dan kemerdekaan politik Lebanon," katanya seperti dikutip dari Al Arabiya, Sabtu (14/5/2016).

Larsen juga mendesak dukungan internasional untuk Angkatan Bersenjata Lebanon guna melindungi kedaulatan dan integritas teritorial. Hal ini terkait dengan pelaksanaan resolusi DK PBB tahun 2004 yang menyerukan semua milisi yang beroperasi di Lebanon untuk dilucuti dan didemobilisasi.

Ia juga meminta Hizbullah dan pihak lain untuk melaksanakan kebijkan Lebanon di tahun 2012, yaitu pemisahan konflik regional. Dia pun mendesak Hizbullah dan Israel untuk menahan diri dari retorika provokatif dan mematuhi kewajiban mereka.

Sedangkan untuk posisi presiden, Larsen mendesak kepada para pemimpin Lebanon untuk mengesampingkan perbedaan partisan mereka dan memilih presiden tanpa menunda lebih lanjut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5991 seconds (0.1#10.140)