Diserang Kelompok Al-Shabaab, 15 Tentara Somalia Tewas

Minggu, 01 Mei 2016 - 22:22 WIB
Diserang Kelompok Al-Shabaab, 15 Tentara Somalia Tewas
Diserang Kelompok Al-Shabaab, 15 Tentara Somalia Tewas
A A A
MOGADISHU - Kelompok pemberontak al-Shabaab menewaskan 15 tentara Somalia dan berhasil merebut kembali sebuah kota di sebelah timur laut ibukota Mogadishu. Sehari sebelumnya, kota yang sama sempat dikuasai oleh pasukan pemerintah.

Seorang perwira militer Somalia, Kapten Nur Ali mengatakan, serangan itu terjadi pada hari Minggu pagi di kota Runirgood, sekitar 180 km di sebelah timur laut Mogadishu. Pernyataan Ali diamini oleh kompatriotnya, Mayor Abdullahi Omar.

"Al Shabaab menggunakan bom mobil bunuh diri untuk menembus pangkalan militer. Bom ini meledak dan kemudian pertempuran sengit pecah. Setidaknya 15 tentara tewas," kata Omar, seperti dikutip dari laman Reuters, Minggu (1/5/2016).

"Para prajurit yang berada di markas sangat sedikit dan tidak ada pasukan AMISOM atau militer lain di sekitarnya untuk memberikan bantuan. Kami berhasil menewaskan lebih dari 10 gerilyawan dalam pertempuran pada hari Sabtu dan Minggu," tambah Omar. AMISOM adalah misi penjaga perdamaian Uni Afrika di Somalia.

Abdiasis Abu Musab, juru bicara Al Shabaab untuk operasi militer, mengatakan para pejuang telah menewaskan 32 tentara dan menyita tiga kendaraan. "Ini adalah pertempuran sengit dan bersyukur kepada Allah, kita merebut kembali kota itu," katanya kepada Reuters.

Pemerintah Somalia sedang berjuang untuk membangun kembali negara yang ada di Tanduk Afrika itu setelah lebih dari dua dekade terlibat konflik. Al Shabaab menguasai sebagian besar wilayah Somalia sampai 2011, ketika diusir dari Mogadishu oleh Uni Afrika dan pasukan Somalia.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7418 seconds (0.1#10.140)
pixels