Korsel Tuduh Korut Kerahkan Rudal Balistik Musudan di Pantai Timur

Kamis, 14 April 2016 - 10:55 WIB
Korsel Tuduh Korut Kerahkan...
Korsel Tuduh Korut Kerahkan Rudal Balistik Musudan di Pantai Timur
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) telah mengerahkan sekitar dua rudal balistik jarak menengah Musudan di pantai timurnya. Demikian tuduhan pemerintah Korea Selatan yang dilansir kantor berita Yonhap, Kamis (14/4/2016).

Rudal balistik jarak menengah Musudan juga dikenal dengan nama rudal Rodong-B atau BM-25.

Rudal-rudal Musudan, menurut Yonhap—yang mengutip sumber-sumber di Pemerintah Korsel—terlihat di daerah Kota Pelabuhan Wonsan timur.

”Mengingat fakta itu, Korea Utara kemungkinan akan meluncurkannya pada momen ulang tahun Kim Il-sung,” kata sumber Pemerintah Korsel.

Medi Pemerintah Korut, KCNA, pada 11 Maret 2016, merilis foto tak bertanggal perihal peluncuran roket balistik dari Pasukan Strategis Angkatan Darat Rakyat Korea (KPA). Namun, lokasi peluncuran roket balistik ini dirahasiakan.

Korea Utara akan memperingati ulang tahun pendiri negara itu, Kim Il-sung pada hari Jumat besok.

Menurut sumber pemerintah Korsel rudal telah dikerahkan sekitar 20 hari yang lalu. Jika rezim Korea Utara yang dipimpin Kim Jong-un benar-benar meluncurkan rudal Musudan pada hari Jumat, maka itu akan menjadi peluncuran yang pertama.

Sementara itu, Angkatan Pertahanan Diri Jepang telah siap menembak jatuh setiap rudal Korut jika menerobos wilayah udara Jepang.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0959 seconds (0.1#10.140)