Rusia Sebut Putin Target Utama Panama Papers

Senin, 04 April 2016 - 21:57 WIB
Rusia Sebut Putin Target Utama Panama Papers
Rusia Sebut Putin Target Utama Panama Papers
A A A
MOSKOW - Rusia mengatakan, bahwa Presiden Vladimir Putin adalah target utama dari bocornya dokumen keuangan dari orang-orang kaya yang memegang rekening di luar negeri.

Juru bicara Putin, Dmitry Peskov mengatakan, sangat jelas tujuan dari pembocoran lebih dari 11 juta dokumen milik firma hukum di Panama adalah untuk melemahkan Putin menjelang pemilihan parlemen pada September mendatang. Peskov menegaskan, Putin tidak melakukan kejahatan apapun dikutip dari laman USA Today, Senin (4/4/2016).

Dalam dokumen milik Mossack Fonseca itu, nama Putin tidak muncul. Sebaliknya, dalam dokumen tersebut tercatat sejumlah nama koleganya, termasuk teman dekat Putin, musisi Sergei Roldugin, ayah baptis dari anaknya, Maria. Dokumen itu menunjukkan sejumlah transaksi yang akan sulit dilakukan tanpa sepengetahuan Putin.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah dokumen keuangan bocor ke dunia maya. Dokumen yang diperoleh dari sumber anonim itu diberikan kepada surat kabar Jerman Süddeutsche Zeitung dan Konsorsium Internasional of Investigative Journalists dengan Guardian, BBC dan outlet berita lainnya.

Menurut kantor berita BBC, dokumen milik firma di Panama itu juga menunjukkan bahwa firma hukum itu diduga membantu sejumlah kliennya melakukan pencucian uang, menghindari sanksi dan menghindari pajak.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4076 seconds (0.1#10.140)