Sejarawan Sebut Associated Press Mesin Propaganda Nazi

Kamis, 31 Maret 2016 - 18:04 WIB
Sejarawan Sebut Associated Press Mesin Propaganda Nazi
Sejarawan Sebut Associated Press Mesin Propaganda Nazi
A A A
WASHINGTON - Seorang sejarawan, Harriet Scharnberg menyatakan bahwa The Associated Press (AP) telah berkolaborasi dengan Nazi pada tahun 1930-an agar bisa terus beroperasi. Hal itu tertuang dalam sebuah artikel yang diterbitkan Studi jurnal akademik di Sejarah Kontemporer.

Dalam artikel itu, Scharnberg menyatakan AP setuju untuk mematuhi aturan tentang pers yang diberlakukan oleh Nazi. Bahkan, AP juga mempekerjakan wartawan yang bekerja di divisi propaganda partai Nazi. Salah satunya adalah fotografer Franz Roth. Roth berada di unit propaganda dari SS dan yang fotonya telah disetujui oleh Hitler sendiri.

Dikutip dari USA Today, Kamis (31/3/2016), Scharnberg berpendapat, keberadaan Roth memungkinkan AP menggunakan sejumlah foto propaganda antisemitisme, termasuk publikasi "The Sub-Human" dan "Orang-orang Yahudi di Amerika Serikat."

Namun, AP membantah pernyataan Scharnberg dengan menyatakan bahwa AP tidak pernah bekerjasama dengan Nazi. AP juga mengalami tekanan saat Hitler berkuasa pada 1933 dan diusir pada 1941. "Staf AP menolak tekanan dan tetap melakukan yang terbaik untuk mengumpulkan berita yang akurat, penting dan obyektif untuk dunia dalam waktu yang gelap dan berbahaya," bunyi pernyataan AP.

Selain itu, AP juga menghapus foto-fot Roth dari situsnya setelah publikasi penelitian itu seperti dilaporkan oleh The Guardian. Kantor berita itu juga mengatakan tidak punya kendali atas penggunaan arsip foto setelah Amerika Serikat (AS) menyatakan perang terhadap Jerman pada 11 Desember 1941.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6735 seconds (0.1#10.140)