Trump Bilang Biarkan Negara-negara Asia Miliki Senjata Nuklir

Senin, 28 Maret 2016 - 14:14 WIB
Trump Bilang Biarkan Negara-negara Asia Miliki Senjata Nuklir
Trump Bilang Biarkan Negara-negara Asia Miliki Senjata Nuklir
A A A
WASHINGTON - Bakal calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Donald Trump, berpendapat negara-negara Asia dibiarkan saja untuk memiliki senjata nuklir sendiri ketimbang bergantung pada AS.

Komentar Donald Trump itu muncul di tengah persiapan Presiden Barack Obama untuk menjadi tuan rumah KTT Keamanan Nuklir pada hari Kamis dan Jumat mendatang. KTT itu akan dihadiri 56 delegasi.

Dalam wawancaranya dengan The New York Times, Trump terkesan jengah bahwa negara-negara Asia terlalu bergantung pada AS untuk melindungi diri dari potensi ancaman Korea Utara (Korut) dan China yang memang memiliki senjata nuklir.

Menurut Trump, negara-negara Asia seperti Korea Selatan dan Jepang yang selama ini khawatir dengan ancaman senjata nuklir Korut, sebaiknya membangun senjata nuklirnya sendiri daripada bergantung pada AS.

Jika AS terus jalan, jalan saat ini adalah kelemahan, mereka akan ingin memiliki itu (senjata nuklir) pula, dengan atau tanpa saya mendiskusikannya,” kata Trump.

Tak hanya soal senjata nuklir bagi negara-negara Asia, miliarder AS itu mengancam untuk menarik pasukan AS dari Jepang dan Korea Selatan jika kontribusi kedua sekutu AS itu minim.

Donald Trump, seperti dikutip Reuters, Senin (28/3/2016), minta kontribusi Jepang dan Korea Selatan ditingkatkan untuk membiayai perumahan dan memberi makan tentara AS yang berbasis di kedua negara tersebut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6038 seconds (0.1#10.140)