Taiwan Protes Indonesia Atas Penembakan 2 Kapal Nelayan

Rabu, 23 Maret 2016 - 15:50 WIB
Taiwan Protes Indonesia Atas Penembakan 2 Kapal Nelayan
Taiwan Protes Indonesia Atas Penembakan 2 Kapal Nelayan
A A A
TAIPEI - Pemerintah Taiwan memprotes Indonesia terkait insiden penembakan yang dilakukan otoritas keamanan Indoensia terhadap dua kapal nelayan Taiwan. Insiden penembakan itu terjadi kemarin.

Menurut Perdana Menteri Taiwan, Chang San-cheng, walaupun kedua kapal tersebut melanggar batas wilayah Indonesia, otoritas keamanan Indonesia seharusnya tidak melakukan penembakan terhadap kedua kapal itu.

"Bahkan jika itu berada zona ekonomi Indonesia, perahu kami bisa lewat tanpa menyebabkan kerusakan, sehingga ada banyak hal yang harus diperjelas," kata Chang dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (23/3).

"Indonesia seharusnya tidak menggunakan cara-cara kekerasan terhadap perahu kami, bahkan jika kapal itu terlibat dalam pencurian ikan. Saya ingin menyatakan bahwa cara-cara kekerasan tidak bisa diterima," sambungnya.

Seperti diketahui, dua kapal nelayan Taiwan dilaporkan ditembaki oleh kapal yang diduga merupakan kapal milik otoritas Indonesia. Aksi penembakan itu diketahui terjadi di kawasan selat Malaka.

Kedua kapal yang diketahui bernama Sheng Te Tsai dan Lien I Hsing No. 116 ditembaki saat melintas di selat Malaka untuk menuju Singapura. Kedua kapal itu berlayar ke Singapura untuk melakukan bongkar-pasang muatan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5567 seconds (0.1#10.140)